Review Mind Mapping: Membuat Peta Pemikiran dengan Mudah



Taufik Hendratmoko
taufikhendratmoko@gmail.com
http://taufikhendratmoko.wordpress.com

Beberapa dari kita mungkin pernah mengalami munculnya banyak ide tentang suatu hal yang terekam dalam fikiran. Peristiwa tersebut disatu sisi membuat kita senang (banyak ide-ide) namun disisi lain membuat bingung karena ketidakmampuan kita mengorganisasi dengan sistematik ide-ide tersebut dalam fikiran. Salah satu aplikasi software untuk memudahkan kita mengorganisasi suatu ide atau konsep agar terlihat sistematik ialah jenis software mind-mapping. Pada tulisan ini akan menyajikan bahasan mengenai jenis software tersebut.

Deskripsi
Awal konsep Mind Map dibuat oleh Tony Buzan tahun 1974. Mind Map sendiri diciptakan berdasarkan cara kerja otak menyimpan informasi. Otak kita menyimpan informasi ke sel-sel saraf dalam bentuk cabang-cabang, sehingga bila dilihat sekilas akan tampak seperti pohon dengan cabang dan rantingnya. Berdasarkan konsep itulah software jenis mind-mapping atau organizing dibuat. 


Kegunaan
Jenis software mind-mapping atau organizing ini sangat berguna untuk membantu kita memahami suatu hal yang kompleks, cukup dengan satu gambaran. Maksud hal di sini bisa dalam bentuk ide, konsep, atau gagasan. Cara kerja software ini ialah menguraikan suatu ide, konsep, atau gagasan kedalam bentuk cabang dan ranting secara hierarki, sehingga membentuklah suatu peta pemikiran yang rinci dan mudah dibaca atau difahami. 

Lisensi dan Level Pengguna
Meski beberapa software jenis ini berbayar lisensinya, namun yang berlisensi free (gratis) lumyan banyak pilihannya dan secara kualitas tidak kalah dengan yang berbayar. Software ini cocok digunakan oleh guru untuk menyusun peta pemikiran desain penelitiannya (contoh: PTK, dll) maupun peta pemikiran rancangan strategi pembelajaran dikelas. Bagi siswa bisa membentu membuat peta pemikiran kerangka karangan maupun latihan mendesain rancangan penelitian yang sederhana.

Berikut tabel karakteristik beberapa contoh software mind-mapping:
Software Mind-Mapping
Nama Software
MindMeister
Xmind
URL
www.mindmeister.com/
www.xmind.net/
Jenis Software
Mind-Mapping/Organization
Mind-Mapping/Organization
Software Berbasis
Web Based (tanpa install di komputer )
Computer Based (di install dalam komputer)
Level Pengguna
Pemula - Menengah
Pemula - Menegah
Lisensi
Gratis atau berbayar
Gratis atau Berbayar
Petunjuk Pemanfaatan
https://support.mindmeister.com/hc/en-us
http://support.xmind.net/

Semoga bermanfat.

2 Responses to "Review Mind Mapping: Membuat Peta Pemikiran dengan Mudah"

  1. depo pulsa terbaru
    Awal konsep Mind Map dibuat oleh Tony Buzan

    BalasHapus
  2. ]
    Dapatkan Double Bonus dari Donaco Poker Setiap Hari!!
    Mau Tau Caranya??? Ayo Daftar..!!.atau Hubungi Kami Segera......

    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus