Review Sutori: Membuat Pembelajaran Sejarah yang Menarik dan Interaktif



Taufik Hendratmoko
taufikhendratmoko@gmail.com
http://taufikhendratmoko.wordpress.com

Sejarah adalah aset berharga. Membuang sejarah itu bagaikan membuang hasil-hasil pengalaman berharga yang telah diperjuangkan dimasa lalu, dan mencoba melakukan dari awal tanpa referensi masa lalu. Begitu pentingnya sejarah Bapak Proklamator kita, Ir.Soekarno, mengingatkan juga bahwa "jasmerah", jangan sekali-kali melupakan sejarah. Akan tetapi mampukah kita menyajikan pelajaran sejarah yang selama ini terkesan membosankan menjadi sebuah pembelajaran yang menarik dan bermakna. Pada tulisan ini akan menyajikan bahasan mengenai SUTORI yaitu sebuah alat pembelajaran digital (digital learning tool) untuk membuat pembelajaran sejarah yang menarik dan interaktif.

Deskripsi
SUTORI adalah sebuah alat pembelajaran digital (digital learning tool) yang bisa diakses di semua gadget yang terhubung dengan internet guna mendukung pembelajaran yang lebih interaktif dan kolaboratif. 

Kegunaan
Jenis alat pembelajaran digital ini sangat berguna untuk membantu menyajikan materi pembelajaran sejarah, menjadi sebuah timeline (susunan peristiwa yang diurutkan berdasarkan waktu) yang mudah di mengerti, menarik, dan sesuai dengan karakteristik siswa abad ke-21. SUTORI merupakan alat pembelajaran digital berbasis web sehingga bisa diakses dimana saja dan kapan saja melalui berbagai perangkat gadget (laptop, tablet, smartphone, dll) yang terhubung dengan internet. Kemampuan seperti membuat interactive timeline (susunan peristiwa yang diurutkan berdasarkan waktu) yang dilengkapi gambar, video, teks, quiz, audio, dan diskusi semakin membuat sajian pembelajaran sejarah menarik dan lebih bermakna.   

Lisensi dan Level Pengguna
Lisensi alat pembelajaran digital ini terdapat dua pilihan yaitu berbayar dan gratis. Perbedaan fitur antara kedua lisensi tidak terlalu jauh. Pengguna lisensi gratis masih bisa menggunakan fitur-fitur SUTORI yang bagus dan menarik. Alat pembelajaran digital ini cocok digunakan oleh para guru sejarah untuk menyajikan materinya berupa timeline yang interaktif. Bagi siswa SUTORI akan memudahkan mereka untuk belajar materi karena platform ini selain dilengkapi berbagai jenis format media (audio, video, quiz, dll) yang terintergrasi dalam sebuah timeline interaktif juga mengadopsi media sosial untuk interaksinya (diskusi).

Berikut tabel karakteristiknya
SUTORI
Nama
SUTORI
URL
https://www.sutori.com
Jenis
Digital learning tool
Aksesibilitas
Web Based.
Bisa diakses disemua gadged (laptop, tablet, smartphone, dll) yang terhubung dengan internet.
Level Pengguna
Pemula – Menengah
Lisensi
Gratis atau Berbayar
Petunjuk Pemanfaatan
https://www.sutori.com/help

Semoga bermanfat.

1 Response to "Review Sutori: Membuat Pembelajaran Sejarah yang Menarik dan Interaktif"

  1. sabung ayam live
    SUTORI adalah sebuah alat pembelajaran digital (digital learning tool) yang bisa diakses di semua gadget

    BalasHapus